Home » , , , , , , » Cara Membuat Baris Pertama Tabel Otomatis Jadi Judul Header di Tiap Halaman Excel Saat Dicetak/Diprint

Cara Membuat Baris Pertama Tabel Otomatis Jadi Judul Header di Tiap Halaman Excel Saat Dicetak/Diprint

Suatu kali saya membuat data di Excel dengan data memanjang ke bawah seperti daftar hadir dengan jumlah peserta ratusan orang, hingga jadi beberapa halaman draft. Saya menginginkan baris pertama yang berisi judul tabel akan otomatis muncul di setiap halaman pada saat daftar hadir itu saya cetak/print. 

Contoh Daftar Hadirnya seperti ini:

Cara Membuat Baris Pertama Tabel Otomatis Jadi Judul Header di Tiap Halaman Excel Saat Dicetak
Cara Membuat Baris Pertama Tabel Otomatis Jadi Judul Header di Tiap Halaman Excel Saat Dicetak/print

Untuk membuat baris pertama (saya warnai kuning) otomatis menjadi judul pada halaman cetak, begini caranya.

  1. Pada bagian menu Excel, pilih Page Layout, lalu klik Print Titles
  2. Jika sudah diklik akan muncul jendela Page Setup pada tab Sheet
  3. Pada bagian Print Titles, klik bagian kanan dari Rows to repeat at top (saya lingkari hijau)
  4. Selanjutnya pilih baris yang akan otomatis jadi judul halaman cetaknya, dalam hal ini saya ingin baris pertama saja, maka saya klik nomor barisnya di bagian paling kiri sheet (saya lingkari oranye). 
  5. Kode baris yang akan saya jadikan judul otomatis pada halaman cetak akan muncul pada jendela munculan. Tutup jendela itu, hingga muncul kembali jendela Page Setup, lalu klik OK.
Cara Membuat Baris Pertama Tabel Otomatis Jadi Judul Header di Tiap Halaman Excel Saat Dicetak /print

Cara Membuat Baris Pertama Tabel Otomatis Jadi Judul Header di Tiap Halaman Excel Saat Dicetak/print


Cara Membuat Baris Pertama Tabel Otomatis Jadi Judul Header di Tiap Halaman Excel Saat Dicetak/print

Cara Membuat Baris Pertama Tabel Otomatis Jadi Judul Header di Tiap Halaman Excel Saat Dicetak/print


Selesai sudah. Otomatis baris pertama tabel akan muncul menjadi judul halaman selanjutnya pada saat dicetak/diprint. Untuk melihat hasil cetak/print sebelum kita cetak/print, kita bisa lihat pada Print Preview seperti di bawah ini. Halaman 3 pun terlihat memiliki header seperti halaman 1.
Cara Membuat Baris Pertama Tabel Otomatis Jadi Judul Header di Tiap Halaman Excel Saat Dicetak/print

Mudah, kan. Jika bermanfaat, bantu saya share cara ini ke media sosial ya. Thanks in advance. :)


Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar