Home » , , , , » Cara Membuat Barcode Tanpa Aplikasi Tambahan dan Rumus

Cara Membuat Barcode Tanpa Aplikasi Tambahan dan Rumus

Beberapa waktu lalu, Tutorial Excel telah menjabarkan bagaimana cara membuat barcode dengan bantuan aplikasi tertentu dan tinggal memasukkan rumus fungsi saja. Nah, untuk kali ini, tutorial excel akan kembali memaparkan bagaimana cara membuat barcode di microsoft Excel tanpa harus memakai rumus.
Sebelumnya, akan diulas kembali sedikit bahwa  Barcode adalah kode yang terdiri atas kumpulan data optik berupa garis tipis dan tebal yang berisi informasi mengenai sebuah produk/barang tertentu. Data-data produk/barang yang terdapat pada barcode hanya bisa diketahui dengan menggunakan alat yang disebut barcode scanner. Salah satunya yang terdapat di perpustakan atau indomaret.

Nah, lantas bagaimana cara membuat barcode tanpa menggunakan rumus? Berikut tutorialnya.

Pertama, anda cukup mengunduh berkas font, dengan mengeklik tombol unduh di bawah ini.
https://www.wfonts.com/font/c39p24dmtt 

Selanjutnya, Buka file tersebut dengan mengekstrak file yang telah di download tadi, dan  ke direktori C:\Windows\Fonts



Langkah berikutnya, buka worksheet Micosoft Excel anda, dan ketiklah sembarang huruf atau angka, tergantung anda ingin membuat barcode berdasarkan apa, kemudian ganti tipe font dengan tipe font yang bausan anda unduh pada tautan di atas. Dan sesuiakan ukuran barcode berdasarkan kebutuhan dengan cara seperti mengatur ukuran huruf. Perhatikan gambar berikut.



Seperti tutorial sebelumnya, jangan lupa untuk menambahkan tanda bintang di depan dan di belakang huruf/angka yang ingin anda jadikan barcode, agar dapat dipindai dengan mesin scanner. Misalnya, untuk menulis barcode tutorial, tulislah dengan *tutorial*

Cukup sekian, demikianlah cara membuat barcode tanpa rumus dan aplikasi tambahan di microsoft excel. Jika ada yang tidak dimengerti dapat meninggalkan dikolom komentar di bawah ini.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar