Pada posting sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana
Cara Mengubah Data Kolom Menjadi Baris di Microsoft Excel, Kali ini saya akan
menjelaskan Bagaimana Cara Membuat Data-data Otomatis Di Microsoft Excel.
Ketika membuat dokumen MS Excel, terkadang Anda membutuhkan
data yang harus ditulis berulang kali seperti nama orang, nama barang, dan
sebagainya. Hal ini tentunya akan menghabiskan
banyak waktu. Oleh karena itu, untuk mempercepat dan mempermudah, Anda
sebaiknya menciptakan data-data otomatis yang siap pakai, sehingga pada saat
dibutuhkan, Anda tidak perlu menulis data berulang kali, tetapi tinggal
memasukkannya. Untuk melakukannya ikutilah langkah-langkah berikut ini:
1. Pertama klik kanan pada Menu bar dan pilih opsi Customize
Quick Access Toolbar.
2. Anda akan dihadapkan pada kotak dialog Excel Options
dengan opsi Quick Access Toolbar yang sudah Aktif.
3. Tekan opsi Advanced lalu klik tombol Edit Custom List yang ada di bagian Popular.
4. Berikutnya akan muncul kotak dialog Custom List. Pilihlah
opsi New List pada kolom Custom List dan masukkan data-data Anda dalam kolom
List entries. Misalnya data “meja, kursi, Almari, kulkas, Mesin cuci, Tempat
tidur”.
5. Klik tombol Add untuk menambahkan data-data otomatis
Anda.
6. Setelah data-data masuk pada kolom Custom List tekanlah
Tombol OK.
7. Selanjutnya Anda akan dihadapkan kembali pada kotak
dialog Excel Options opsi Advanced. Pilihlah tombol OK untuk mengakhirinya.
8. Lalu posisikan kursor Anda pada sel di mana data-data
otomatis yang Anda buat tadi akan dimasukkan, misalnya di sel B2.
9. Kemudian tuliskan kata data pertama yang Anda buat tadi
yaitu “Meja”.
10. Kalau sudah klik dan drag kotak kecil hitam yang ada di
pojok kanan bawah sel B2 sampai ke sel B7.
11. Setelah itu data-data buatan Anda tadi akan muncul pada
sel B2:B7 secara otomatis.
Demikianlah penjelasan singkat saya pada posting kali ini
tentang Bagaimana Cara Membuat Data-data Otomatis di Microsoft Excel, semoga bermanfaat untuk Anda semua.