Home » , » Cara Membuat Satuan di belakang Angka pada Excel

Cara Membuat Satuan di belakang Angka pada Excel

Membuat satuan di belakang data angka Excel - Pernahkah anda melihat laporan penjualan barang pada suatu toko atau perusahaan? Apa yang ada di sana? Salah satu yang ada di data tersebut adalah satuan. Sebagai contoh adalah laporan penjualan motor pada suatu dealer. Di sana akan dituliskan berapa unit motor yang terjual setiap harinya, minggunya, atau bulannya.

Pasti anda akan bertanya–tanya bagaimana cara membuat nama satuan data sepeti pada contoh kasusu diatas. Anda tak perlu pusing memikirkan caranya. Dengan Microsoft Office Exel anda bisa membuat data seperti di atas. Lantas bagaimana caranya? Apakah kita harus menambahkan nama satuan tersebut pada setiap akhir angka? Tentu tidak karena hal tersebut dapat memakan waktu kerja anda.

Untuk cara yang lebih efisien, anda bisa anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.

Cara menambahkan nama satuan pada penulisan angka di Microsoft Office Excel 2007

  1. Siapkan terlebih dahulu data yang akan anda tambahkan nama satuannya. Sebagai contoh, copy data laporan penjualan dealer motor berikut sebagai bahan datanya.

    Laporan penjualan dealer motor

  2. Dari data di atas, kita akan menambahkan satuan UNIT pada setiap data berupa angka penjualan unit sepeda motor. Jika sudah blok pada angka yang akan diberi nama satuan. Dalam contoh ini maka kita blok cel B4 (sel pertama yang akan diberi nama satuan) sampai F15 (sel terakhir).

    Blok sel yang akan diberi nama satuan

  3. Jika sudah, pada tab Home silahkan klik panah kecil pada grup tab Number atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + 1. Lalu pilih Custom (lihat gambar di bawah).

  4. Ketikan # “Unit” (tandapagar[spasi]"Unit") pada kotak input Type. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini.

    Cara menambahkan nama satuan di belakang data angka
    Cara menambahkan nama satuan di belakang data angka

  5. Jika sudah klik OK. Maka anda akan mendapatkan data sepeti berikut ini.

    Hasil menambahkan satuan UNIT pada data angka penjualan
    Hasil menambahkan satuan UNIT pada data angka penjualan sepeda motor
Itulah tutorial cara menambahkan nama satuan di belakang data angka di Microsoft Office Excel 2007. Mudah, kan? Siapa bilang Excel itu sulit? :)

Silakan segera mempraktikkan!

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar