Home » , » Mengurutkan Nilai Siswa dengan Microsoft Excel

Mengurutkan Nilai Siswa dengan Microsoft Excel

Tutorial Sorting Data - Sorting data adalah mengurutkan suatu data berdasarkan urutan tertentu untuk mendapatkan perolehan data yang sesuai keinginan. Pada umumnya, urutan data yang digunakan adalah urutan dari nilai tertinggi ke nilai terendah atau sebaliknya. Biasanya, pengurutan data seperti ini banyak digunakan oleh guru untuk menentukan siapa siswa yang memiliki nilai tertinggi dan siapa yang nilainya paling rendah. Dengan memanfaatkan fasilitas sorting data di microsoft excel, anda tidak perlu lagi mendata nilai satu per satu. Alhasil, anda akan bisa lebih menghemat waktu yang semula anda gunakan untuk mendata urutan nilai dengan cara manual.

Fitur yang digunakan untuk sorting data dari nilai tertinggi ke terendah adalah Descending, sedangkan untuk sorting data dari nilai terendah ke tertinggi, anda dapat menggunakan fitur Ascending.  

Untuk memudahkan para penggunanya, Microsoft Excel menyediakan fasilitas sorting data hingga 3 jenis urutan yang berbeda. Perbedaannya adalah terletak pada jumlah jumlah acuan data yang digunakan. Jumlah acuannya adalah satu, dua, atau tiga. Untuk lebih jelasnya, coba simak contoh berikut.

mengurutkan kumpulan nilai siswa
Sorting data untuk mengurutkan kumpulan nilai siswa
Dari data nilai siswa di atas, kita akan membuat urutan data dengan satu acuan. Urutan yang hendak kita buat adalah dari nilai yang tertinggi ke terendah. berikut adalah tahapan-tahapannya.
  1. Blok range A4 sampai G11

    Blok range tabel
    Blok range tabel
  2. Klik menu tab Data kemudian pilih Sort

    Tombol Sort Excel
    Tombol Sort
  3. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti tampilan berikut:

    Pilihan dalam fitur Short Excel
    Pilihan dalam fitur Short Excel
    • Pilih "JML" pada pilihan Sort by dengan cara klik gambar panah ke bawah (drop down arrow)
    • Pilih "Values" pada pilihan Sort On
    • Pilih "Largest to Smallest" pada pilihan Order

  4. Cara melakukan sorting pada Excel
    Cara melakukan sort pada Excel
  5. Setelah itu, klik OK kemuudian perhatikan hasilnya. Nama siswa yang nilainya paling tinggi akan berada di urutan teratas dan sebaliknya

    Hasil mengurutkan nilai siswa dengan Sort
    Hasil mengurutkan Nilai siswa dengan fitur Sort
Demikian tutorial shorting data pada microsoft excel untuk membuat data menjadi urut. Dengan memahami cara diatas, anda akan lebih mudah dalam membuat data dengan urutan tertentu. Untuk mengatasi masalah urutan siswa yang sama nilainya, lihat di posting selanjutnya.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar