Home » , » Cara Membuat Tombol Hapus untuk Aplikasi Excel

Cara Membuat Tombol Hapus untuk Aplikasi Excel

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara bagaimana membuat tombol hapus di excel. Membuat tombol hapus? Apakah itu penting? Kan cukup dengan blok range, terus klik kanan, Delete sudah selesai.

Ya, itu memang sesalah satu cara menghapus seluruh data dalam sheet. Namun cara tersebut sama halnya dengan menghapus seluruh format setinggan yang sudah kita buat dalam sheet. Jadi kita tidak bisa lagi menggunakan format setingan yang telah kita buat. Bisa disimpulkan bahwa cara demikian sama saja kalau kita membuat sheet baru yang masih kosong.

Tombo hapus yang akan saya buat pada kesempatan kali ini hanya akan menghapus isi data, tanpa menghapus format setingan yang telah kita buat. Jadi, misalkan dalam sheet tersebut anda telah merubah lebar kolomnya, sudah menggabungkan beberapa cells, maka semua itu tidak akan hilang ketika dihapus dengan tombol hapus yang akan saya buat. Alhasil, format setingan yang telah kita buat dapat kita gunakan lagi. Tombol semacam ini juga dipakai saat kita membuat aplikasi sederhana dengan Excel seperti aplikasi Raport atau rekap nilai peserta didik.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Berikut adalah langkah – langkahnya.

Contoh
Misalkan seorang guru sudah merekap nilai siswa pada tahun ajaran 2013/2014 seperti pada gambar di bawah ini. lalu si guru tersebut ingin menggunakan format tersebut di tahun ajaran 2014/215, maka dia akan menghapus isi cellnya (datanya) saja tanpa menghapus format setingan yang ada.

Untuk membuat tombol hapus seperti yang diinginkan oleh guru tersebut, maka langkah langkkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Masuk ke menu Developer >> Insert >> Command Button (ActiveXcontrol) dan taruh sesuka anda.

    tombol hapus dengan VBA
    Cara membuat tombol di Excel
  2. Secara default nama dari tombol tersebut adalah CommandButton1, untuk mengubahnya klik kanan pada tombol tersebut, lalu pilih CommandButton Object >> Edit dan ganti dengan kata – kata sesuka anda, misalkan saja ganti dengan kata Hapus
  3. Selanjutnya, klik kanan lagi pada tombol tersebut dan pilih View Code , maka secara otomatis akan muncul jendela baru yang bernama Microsoft Visual Basic for Applications seperti pada gambar dibawah ini.

    vba excel
  4. Setelah itu masukkan kode berikut tepat diantara kode Private Sub CommandButton1_Click() dan kode End Sub

    Dim answer As Integer
    answer = MsgBox("Apakah Anda yakin ingin menghapus data ini?", vbYesNo + vbQuestion, "Empty Sheet")
    If answer = vbYes Then Cells.ClearContents
    'do nothing

  5. Setelah itu simpan kode tersebut dengan menekan icon disket. Lalu jika muncul kotak dialog seperti ini klik saja Yes.

    verifikasi vba
  6. Untuk mengaktifkan tombol hapus tersebut, terlebih dahulu klik tombol tersebut lalu klik Design Insert pada tab Developer. Sekarang coba hapus, maka hanya akan terhapus datanya saja, format setinggannya tidak terhapus. Jika anda berhasil, maka jika di klik akan muncul kotak dialog seperti berikut ini:

    tombol hapus
Penting !!!Jika anda menghapus dengan tombol ini, maka fungsi Undo dan Redo tidak bisa berjalan. Jadi jika anda sudah menghapus, maka tidak bisa di Undo atau di ulangi.
Itulah cara membuat tombol hapus dalam excel dengan menggunakan VBA. Sekian dan semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
2 Comments

2 komentar:

Agung mengatakan...

Mas bro...gimana scriptnya jika aku hanya mau memilih bebera cell aja yang di hapus sedang lainnya gak..

Agung mengatakan...

gan kalo hanya untuk sebagian cell aja gmina??

Posting Komentar