Home » , , » Cara Membuat Game Puzzle Dengan Excel

Cara Membuat Game Puzzle Dengan Excel

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial cara membuat game puzzle dengan menggunakan Microsoft Excel. Untuk membuat game ini anda dapat menggunakan Excel versi berapapun, excel 2003, 2007, 2010, atau 2013 semuanya bisa. Namun karena saya sendiri punyanya excel 2013, maka pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorialnya dengan Excel 2013.

Game puzzle di sini bukan seperti game puzzle yang banyak dimainkan anak-anak. Jika game puzzle biasanya adalah gembar yang dibagi-bagi menjadi bagian yang lebih kemudian anak-anak dituntut untuk menyusun gambar itu kembali seperti semula. Namun pada game puzzle Excel ini gambar akan terlihat setelah jawaban benar. penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut adalah langkah-langkah membuat game puzzle di Microsoft excel.

  1. Langkah pertama adalah dengan mengubah background dari lembar kerja excel terlebih dahulu. Caranya klik tab Page Layout >> group Page Setup >> pilih Background >> karena ini menggunakan Microsoft excel 2013 maka terdapat dua pilihan untuk mengambil gambar, yaitu secara online dan offline. Jika anda ingin mengambil gambar dari komputer anda, maka pilih Offline saja. Selanjutnya cari dimana gambar tersebut anda simpan, jika seduah ketemu klik gambar tersebut dan klik Insert.

    game puzzle excel

  2. Selanjutanya anda bagi gambar tersebut menjadi beberapa kolom dan beberapa baris sesuka anda. Kebetulan saya disini menggunakan gambar dengan ukuran 600 x 400 pixel dan akan saya bagi menjadi 5 kolom (A-E) dan 4 baris (1-4) dengan ukuran 120 x 100 pixel atau menjadi 20 bagian. Maka hasilnya adalah sebagai berikut ini (range yang saya blok adalah range yang akan saya gunakan).

    game puzzle excel

  3. Lanjut sekarang, beri border pada range yang akan di jadikan puzzle. Caranya adalah dengan blok range >> Border (terdapat di tab Home group Font) >> All Border
  4. Sampai disini berarti cell yang akan kita gunakan untuk membuat puzzle adalah cell A1 – A4, B1 – B4, C1 – C4, D1 – D4 dan E1-E4.
  5. Jika sudah, sekarang tekan tanda yang berada di pojok, diantara baris A dan kolom 1, untuk menyeleksi semua cell. Jika sudah pilih Format (pada group cells) >> Format Cells… >> Fill >> dan pilih warna putih >> OK maka tampilannya akan jadi seperti ini.

    game puzzle excel

  6. Sekarang buatlah soal untuk tiap cell dan petunjuk menjawabnya untuk memudahkan orang menjawab. Misalkan saja sebagai berikut. Soal dan petunjuk dapat anda letakkan di bawah kotak puzzle atau di sheet baru.
  7. Selanjutnya pilih pada salah satu cell yang akan dibuat puzzle, misal saja A1, lalu pilih Conditional Formatting (group styles) >> Highlights Cells Rules >> Equal to… >> masukkan jawaban cell tersebut pada kolom sebelah kiri dan pada kolom sebelah kanan ubah menjadi Custom Format. Maka akan tampil kotak dialog baru. Selanjutnya pada kotak dialog itu pilih tab Fill >> No Color >> OK >> OK.
  8. Lakukan hal serupa pada cell lainnya.
  9. Maka ketika jawaban pada cell tersebut benar maka gambar akan berubah, dan jika jawaban salah maka tetap putih.

    game puzzle excel
    Jawaban Benar


    Jawaban salah game puzzle excel
    Jawaban Salah




Itulah cara membuat puzzle dengan menggunakan Microsoft Excel. Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda. Game puzzle di atas juga dapat anda jadikan sebagai permainan yang cerdas untuk anak Anda, ataupun dijadikan kejutan untuk orang yang Anda sayangi dengan cara mengubah backgroundnya saja. Sekian dan terima kasih.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar