Home » , , , , » Cara Menghitung Laporan Penjualan (Admin) dengan Laporan Hitung Operator Aritmatika

Cara Menghitung Laporan Penjualan (Admin) dengan Laporan Hitung Operator Aritmatika

Tutorial Excel | Cara menghitung laporan penjualan (Admin) dengan laporan hitung Operator aritmatika dalam mirosoft Excel-Tugas utama seorang admin yaitu bertugas penuh atas pemasukan dan pengeluaan perusahaan. Untuk menghitung total data masuk mapun keluar, seorang admin diwajibkan menguasai operasi itung aritmatika dalam micosoft office excel, kususnya dalam penghitungan biaya harga barang, diskon barang, pengeluaran biaya dan sebaiagnya. 

Nah, berikut adalah langka-langkah menghitung laporan penjualan dengan laporan hitung aritmatika dalam microsoft Excel.

1.    Silahkan anda buka file data penjualan yang akan hitung.
Anda juga dapat menggunakan file milik blog tutorial excel yang digunakan ini:  Silahkan copy di address bar anda: http://upfile.mobi/psP19xSoV8y



2.    Letakkan kursor pada cell F3
3.    Pada cell F3, anda ketikkan tanda = (sama dengan), selanjutnya anda klik cell D3, terus ketik simbol * (tanda perkalian), dan klik cell E3, lantas enter. Perhatikan hasilnya. 
4.    Kemudian, untuk mengitung pada setiap kolom di bawanya, tidak perlu memasukkan rumus secara manual lagi. Tetapi anda tinggal menggeser (menarik ke bawah) tanda titik kecil di pojok kanan.
5.    Selanjutnya, untuk menghitung diskon. Silahkan untuk meletakkan kursor pada cell G3, anda ketikkan tanda = (sama dengan), selanjutnya anda klik cell F3, kemudian ketik simbol *  (tanda perkalian), dan tuliskan angka diskon. Misalna 25% (Jika total diskon 25 persen).
6.    Kemudian enter! Dan perhatikan hasilnya.
7.    Seperti layaknya tutorial nomor 4. Untuk menghitung satu kolom di bawahnya, anda tinggal menarik ke bawah, tanda titik kecil pada cell G3.
8.    Selanjutnya, untuk mengitung total bayar. Letakkan kursor pada cell H3, ketikkan tanda = (sama dengan), klik cell F3, kemudian ketikkan tanda hubung mendatar (-), dan klik G3. 
9.    Kemudian tekan enter.
10.    Untuk mengisi satu kolom ke bawah, anda tinggal menarik seperti langkah sebelumnya.
11.    Terakhir, untuk mengitung rata-rata.
12.    Letakkan kursor pada kolom B13, dan tulislah rata-rata.
13.    Kemudian letakkan kursor pada cell E13, ketikkan =average(E3:E12), kemudian Enter, perhatikan hasilnya. 
14.    Kemudian tekan enter.
15.    Selanjutnya, untuk mengisi kolom rata-rata di cell F13, G13, dan 13. Anda tinggal menarik ke samping kanan pada titik kecil di pojok bawah.
16.    Kemudian tekan enter.
17.    Jangan lupa untuk menyimpan dokumen anda, dengan cara menekan short cut (ctrl+S)
Seperti itulah Cara menghitung laporan penjualan (Admin) dengan laporan hitung Operator aritmatika dalam mirosoft Excel, untuk selanjutnya anda dapat mengembangkan sesuai kebutuhan. Terima kasih sudah membaca artikel kami, jika anda mengalami kesulitan, anda dapat meninggalkan pesan pada kolom komentar di bawah.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar