Home » , , , » Cara Membuat Posisi Teks Ke Bawah atau Ke Atas Lebih Kecil dari Normal di Excel

Cara Membuat Posisi Teks Ke Bawah atau Ke Atas Lebih Kecil dari Normal di Excel

Pernah tidak? Anda menjumpai barisan teks dalam sebuah lembar kerja Excel dengan tulisan yang lebih kecil dari yang lain dan sedikit mengambang ke atas maupun ke bawah?

Itu lho seperti bila kita ingin menuliskan angka nol sebagai derajat, misalnya: 10°C, atau pangkat atas dalam rumus matematika. Angka yang berada di atas teks normalnya dinamakan Supercript.

Sedangkan bila ada di bawah teks normalnya, seperti bila kita ingin menuliskan pangkat bawah dalam matematika, Fitur Excel tersebut dinamakan  Efek Teks Subscript 

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:

Nah, lantas apa itu superscript dan subscript? Berikut penjelasannya.

Superscript: teks yang posisinya lebih ke atas dan ukurannya lebih kecil
Subscript: teks yang posisinya lebih ke ke bawah dan ukurannya lebih kecil

Hal yang perlu dilakukan untuk mebuat efek teks Superscript maupun subscript, anda dapat menjalankan perinta pada tab ribbon Home, dan memilih Font. Anda juga dapat memunculkannya dengan menekan tombol Ctrl+Shift+F

 

Selanjutnya akan muncul jendela menu baru, yakni Menu Format Cell. Pada menu Effect anda dapat memilih sesuai kebutuhan.



Sekian, seperti itulah Cara Membuat Posisi Teks Ke Bawah atau Ke Atas Lebih Kecil dari Normal di Excel atau Efek Teks Subscript dan Supercript di Excel, dan semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca artikel kami, jika anda mengalami kesulitan, anda dapat meninggalkan pesan pada kolom komentar di bawah.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar