Home » , , » Cara Membuat Rumus Tidak Berubah saat Dicopy dalam Excel

Cara Membuat Rumus Tidak Berubah saat Dicopy dalam Excel

Cara Membuat Rumus Tidak Berubah Dalam Excel – Suatu ketika Anda menggunakan Microsoft Excel, Anda ingin membuat rumus yang Anda copy tidak berubah. Kadang kita ingin mengubah sebagian saja dari rumus  tersebut. Untuk itu, kita akan mempelajari alamat relative dan alamat absolute. Mungkin anda masih asing dengan kata – kata yang ini. Namun sebenarnya anda sudah pernah membuat sel relative maupun sel absolute tanpa anda sadari. Nah, bagaimana dengan pengertian dan fungsi dari alamat relative dan alamat absolute ini. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Alamat relative

Alamat relative ini sering sekali kita temui dalam penulisan dan peng-copy-an rumus di Excel. Seperti istilahnya yaitu relatif, alamat ini kita perlukan jika kita ingin rumus yang kita copy berubah-ubah secara relatif terhadap alamat yang kita jadikan acuan. Jika kita punya sebuah rumus yang merupakan operasi dari beberapa sel, maka secara otomatis Excel akan menerjemahkan alamat relatif sebagai lokasi relatif suatu alamat sel atau range dari lokasi alamat lainnya. Daripada bingung langsung simak contohnya. 

Contoh: 

Pada Cell A5 berisi rumus "=A3*A4", maka, jika rumus tersebut di copy ke sel B5 dengan cara menekan tanda plus ( +) yang berada dipojok sel (drag and drop), secara otomatiskan berubah menjadi "B3*B4".
Rumus dalam sel A5
Rumus dalam sel A5 dengan alamat relative
Rumus sel B5 hasil copy drag drop dari A5
Rumus sel B5 hasil copy drag drop dari A5

Mengenal alamat absolute

Inilah yang kita cari, membuat rumus yang tidak berubah saat dicopy. Alamat absolut adalah alamat yang selalu bernilai sama meskipun rumusnya di copykan ke manapun. Jadi misalkan suatu rumus fungsi sell dicopy ke sell lain maka alamat sellnya tidak berubah. Penulisan alamat absolut selalu ditambahkan tanda “ $ “ pada nama kolom dan/atau nomor barisnya atau dengan menekan tombol F4 pada keyboard. Alamat absolute ini dibagi menjadi 2, yaitu: 
  • Semi absolute 
Jika dilihat dari namanya saja kita sudah tahu, bahwa ini adalah alamat sell absolute yang hanya di kunci salah satunya, entah itu baris atau kolomnya. Lebih jelasnya lihat keterangan contoh berikut ini : $A3 : contoh seperti ini dilakukan untuk penguncian kolom A, dengan cara ini ketika cell dicopy kekanan alamat cell akan tetap dibaca sebagai $A3 bukan B3, namun ketika dicopy kebawah alamat cell akan berubah menjadi $A4. A$3 : contoh seperti ini dilakukan untuk penguncian baris 3, dengan cara ini ketika cell dicopy ke bawah alamat cell akan tetap dibaca sebagai A$3 bukan A4, namun ketika dicopy kekanan alamat cell akan berubah menjadi B$3.
  • Absolute mutlak 
Namanya saja mutlak, berarti sell absolute ini pengunciannya penuh terhadap semua baris dan kolom pada alamat sell. Lebih jelasnya silahkan perhatikan kasus contoh berikut ini.

Pada sell A5 kita isikan rumus “ =A3*$A$4 “. Jika rumus itu kita Copykan ke sell B5, maka rumusnya akan menjadi “ =B3*$A$4 “. Terlihat bahwa alamat A4 akan tetap sedangkan A3 akan berubah. Sell A4 inilah yang disebut dengan alamat absolut mutlak. Lihat gambar beriku ini supaya lebih jelas.
Rumus Excel dengan alamat absolute
Rumus Excel dengan alamat absolute
Jika di copykan ke dalam sell B5 maka akan menjadi seperti yang dibawah ini.
Hasil copy rumus absolute sebelumnya
Hasil copy rumus absolute sebelumnya

Cukup jelas dengan apa yang dimaksud alamat sel relative, alamat sel semi absolute dan alamat sel absolute mutlak? Semoga anda dapat memperoleh manfaatnya. Kali ini, sekian tutorial dari saya.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
5 Comments

5 komentar:

Aisyah Nurkumala mengatakan...

makasih banget infonya gan

Unknown mengatakan...

terima kasih ya infonya, berguna sekali

Argosangad Arif mengatakan...

Sangat bermanfaat, terima kasih

Heri Heryana mengatakan...

Kalau mau mengcopy formula dari file excel A ke file excel B tanpa menyertakan sumber excel A ketika menyalin di file excel B, itu bagaimana caranya?

Tricahyo Abadi mengatakan...

Heri Heriyana: copy datanya, pilih paste special, pilih Values.

Posting Komentar