Home » , , , , , » Cara Memberi Proteksi Dokumen Penting pada Lembar Kerja Excel

Cara Memberi Proteksi Dokumen Penting pada Lembar Kerja Excel

Cara Memberi Proteksi Lembar Kerja Excel – Apa itu proteksi? Menurut artinya proteksi berarti melindungi atau mengamankan. Nah, dalam hal ini berarti adalah melindungi lembar kerja Excel untuk tidak bisa diedit oleh siapa saja. Lembar kerja excel memang rawan sekali untuk diedit orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, salah satu langkah untuk melindunginya adalah dengan memberi password pada lembar kerja excel tersebut agar tidak bisa diedit oleh siapa saja.

Jadi misalkan anda mempunyai dokumen penting pada lembar kerja excel, maka perlu sekali proteksi ini. Misalkan anda mempunyai data nilai dan peringkat siswa seperti berikut ini pada lembar kerja excel anda.
Data Nilai Siswa di Excel
Data Nilai Siswa di Excel
Lantas bagaimana caranya? Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

Memproteksi Lembar Kerja

  1. Agar tidak bisa diedit, dihapus maupun di-copy, arahkan mouse pointer anda ke tab menu Review dan pilih/klik menu Protect Sheet.

    Protect Sheet Excel
    Protect Sheet, Fitur Excel untuk memproteksi lembar kerja
  2. Jika anda sudah klik Protect Sheet tersebut maka akan muncul kotak dialog baru yang berisi centang Protect worksheet an content of locked cells. Centang itu harus Anda isi untuk mengaktifkan proteksi.
  3. Bila perlu beri password pada kotak “Password to unprotect sheet”untuk membuka proteksi lembar kerja, misalkan saja passwordnya adalah 123456789 seperti pada gambar dibawah ini.

    Jendela munculan Protect Sheet Excel
    Jendela munculan Protect Sheet Excel
  4. Bagian berikutnya adalah Allow all users of this worksheet to:, yang dipakai untuk mengizinkan pengguna lain untuk memodifikasi secara terbatas sesuai izin yang bisa Anda pilih lewat tanda centang. Beri tanda centang pada:
    • Select locked cells” untuk mengizinkan pengguna lain melakukan select sel yang terkunci
    • Select unlocked cells” untuk mengizinkan pengguna lain melakukan select sel yang tidak terkunci
    • Format cells” untuk mengizinkan pengguna lain melakukan modifikasi format sel
    • Format rows” untuk mengizinkan pengguna lain melakukan modifikasi format baris
    • Format columns” untuk mengizinkan pengguna lain melakukan modifikasi format kolom
    • Delete columns” untuk mengizinkan pengguna lain melakukan delete/menghapus kolom
    •  “Delete Rows”  untuk mengizinkan pengguna lain melakukan delete/menghapus baris
  5. Jika sudah maka akan muncul kotak dialog yang meminta anda untuk mengkonfirmasi password anda. Masukkan lagi passwdord 123456789 dan klik OK pada kota dialog ini, dan selesai!

Uji-Coba dan Cara Membuka Proteksi

Coba anda edit atau copy, pasti tidak bisa. Lalu bagaimana cara membuka proteksinyaagar kita bisa mengeditnya kembali? Gampang, masuk ke tab Review, klik Unprotect sheet. Akan muncul jendela munculan seperti di bawah, dan Anda tinggal masukkan password tadi yang sudah anda buat saat membuat proteksi (123456789), lalu klik OK.
Membuka proteksi lembar kerja Excel
Membuka proteksi lembar kerja Excel
Sekarang coba anda edit kembali, pasti sudah bisa!

Nah itulah tutorial bagaimana cara memberi proteksi pada lembar kerja Microsoft office excel 2007 sekaligus cara membuka kembali proteksinya. Semoga dengan memberi proteksi ini dokumen Excel anda menjadi lebih aman dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Akhir kata, selamat mencoba!

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar