Home » , , » Cara Mudah Mencari Nilai Maksimal Siswa dengan Rumus MAX

Cara Mudah Mencari Nilai Maksimal Siswa dengan Rumus MAX

Fungsi Matematika MAX - Nilai tertinggi diperlukan oleh seorang guru untuk melihat tolak ukur kemampuan siswa sebagai wujud dari hasil usaha guru dalam menyampaikan materi kepada anak didiknya. Sayangnya, banyak di antara guru pengajar yang belum mengerti cara untuk menggunakan Excel secara benar sehingga mereka terpaksa menggunakan cara manual untuk mengetahui nilai maksimal yang diraih muridnya. Jika jumlah siswa yang ada di sekolah sangat banyak, guru akan kesulitan mencarinya secara manual. Karena itulah, di sini saya akan berbagi kepada anda mengenai cara melihat nilai tertinggi dari suatu data dengan menggunakan rumus fungsi matematika MAX dalam microsoft excel. Dengan rumus ini, seorang guru tak perlu repot-repot meneliti dan membandingkan nilai anak didiknya satu per satu untuk mengetahui nilai maksimal yang mereka peroleh. Berikut ini rumusnya:

=MAX(A1:A20)

Rumus di atas diartikan "nilai maksimal dari data pada kolom A1 hingga A20".

Cara Mengetahui Nilai Maksimal Siswa

Untuk menerapkannya pada data lain, anda tinggal mengganti kolom di dalam kurung dengan kolom yang diperlukan. Dari rumus tersebut, sekarang kita akan mencoba menyelesaikan permasalahan diatas. Berikut adalah langkah-langkahnya.
  1. Untuk mengisi nilai tertinggi mata pelajaran Bahasa Indonesia, klik pada tabel bernomor D12

    Nilai Maksimal Bahasa Indonesia
    Nilai Maksimal Bahasa Indonesia

  2. Tuliskan rumusnya yaitu,

    =MAX(D4:D11)

    Rumus mencari Nilai Maksimal Bahasa Indonesia
    Rumus mencari Nilai Maksimal Bahasa Indonesia

  3. Sesudah itu, tekan tombol "Enter" pada keyboard
  4. Selesai, dan inilah hasilnya:

    Hasil rumus MAX
    Nilai Maksimal seluruh mapel

  5. Untuk mengisi nilai tertinggi pada data nilai Matematika dan IPA, lakukan hal yang sama dengan tetap menyesuaikan kolom yang hendak diambil datanya.
  6. Inilah hasil akhirnya


Bagaimana? Mudah, bukan? Dengan rumus ini, anda dapat melihat nilai maksimal yang diperoleh dari suatu data dengan akurat. Mulai sekarang, anda tak perlu lagi melihat nilai tertinggi dengan membandingkan satu persatu nilai siswa yang tentunya sangat memakan waktu. Sekian, dan selamat mencoba!

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
1 Comments

1 komentar:

m10en mengatakan...

Mbak bisa bantu mengurutkan data yg disortir berdasarkan warna nggak y, pake excell 2003....sorry agak lama y

Poskan Komentar