Home » , » Cara Ubah Besar Kecil Huruf pada Microsoft Excel

Cara Ubah Besar Kecil Huruf pada Microsoft Excel

Formula Upper, Lower, Proper pada Microsoft Excel - Salah satu formula dalam microsoft excel yang banyak memberi manfaat bagi kita formula Lower, Upper dan Proper. Ketiga fungsi lembar kerja tersebut berguna untuk mengubah huruf menjadi besar atau kecil, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk lebih jelasnya, berikut akan saya jelaskan mengenai ke-tiga formula tersebut.

Lower Berfungsi sebagai formula yang dapat mengubah semua huruf yang berada didalam string teks menjadi huruf kecil. Sebaliknya, Upper berfungsi sebagai formula yang dapat mengubah semua huruf yang berada didalam string menjadi huruf kapital semua. Dan yang terakhir, Proper adalah forrmula excel yang mampu merubah awalan semua kata menjadi huruf kapital. Agar lebih jelas, saya akan memberikan contoh penggunaan formula Lower, Upper  dan Proper.

UPPER

Perhatikan lembar kerja berikut ini!

Lower case (huruf kecil) pada Excel
Lower case (huruf kecil) pada lembar kerja Microsoft Excel

Kata "tutorial microsoft excel" pada sel A1 diatas akan kita ubah menjadi huruf kapital semua di sel A4. Caranya adalah dengan menuliskan rumus upper pada sel A4. Berikut adalah rumusnya:

=UPPER(A1)


Rumus Upper Case (semua huruf kapital)
Rumus Upper Case (semua huruf kapital)

Setelah itu, tekan enter dan berikut adalah hasilnya:

Hasil rumus Upper Excel
Hasil rumus Upper Excel, semua menjadi huruf kapital

LOWER

Perhatikan lembar kerja berikut ini!


kata "TUTORIAL MICROSOFT EXCEL" pada sel A1 diatas akan kita ubah menjadi huruf kecil semua di sel A4. Caranya adalah dengan menuliskan rumus lower pada sel A4. Berikut adalah rumusnya:

=LOWER(A1)

Rumus Lower (mengubah jadi huruf kecil semua)
Rumus Lower (mengubah jadi huruf kecil semua)

Setelah itu, tekan enter dan berikut adalah hasilnya.

Hasil rumus UPPER (mode huruf kapital)
Hasil rumus UPPER (mode huruf kapital)

PROPER
Perhatikan lembar kerja berikut ini!

Percobaan rumus PROPER
mengubah menjadi Proper (kapital setiap awal kata)

kata "TUTORIAL microsoft EXCEL" pada sel A1 diatas akan kita ubah setiap kata menjadi berawalan huruf kapital pada sel A4. Caranya adalah dengan menuliskan rumus Proper pada sel A4. Berikut adalah rumusnya :

=PROPER(A1)

Rumus mengubah setiap kata berawalan kapital
Rumus mengubah setiap kata berawalan kapital

Setelah itu, tekan enter dan berikut adalah hasilnya:

setiap kata berawalan huruf kapital
Hasil mengubah setiap kata berawalan huruf kapital pada Excel

Demikian tutorial formula Lower, Upper, dan Proper dalam microsoft excel. Dengan menggunakan formula ini, anda tak perlu pusing lagi saat mengalami kesalahan penggunaan huruf kapital. Semoga dapat memberi banyak manfaat. Selamat mencoba!

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
2 Comments

2 komentar:

Adi Suandi mengatakan...

Assalamu'alikum..bagaimana caranya merubah huruf besar atau huruf kecil di Exel dengan tidak memindahkan tempat hurup yang akan dirubah ( tetap diclom yang sama )

Tricahyo Abadi mengatakan...

@Adi Suandi:
Wa'alaikum salam. Cara mengubah huruf besar kecil di Excel sama seperti di atas. Kolom hasil mengubah di atas tinggal Anda blok >> lalu Copy>> pada kolom orisinilnya Paste Special >> pilih Values >> lalu OK. Setelah semua selesai, Anda dapat menghapus kolom trik mengubah huruf yang dibuat pada langkah awal.

Posting Komentar