Home » , » Cara Membuat Gaji Karyawan berdasarkan Kode di Microsoft Excel

Cara Membuat Gaji Karyawan berdasarkan Kode di Microsoft Excel

Menggunakan Rumus IF Ganda – Dalam keseharian kita, pasti kita pernah menemui sebuah kode yang banyak beserta artinya. Masalah ini biasanya terjadi pada orang perkantoran yang banyak menentukkan gaji karyawannya atapun guru yang menentukan sikap anak didiknya berdasarkan kode yang beliau berikan. Misalkan saja gaji administrasi adalah 1 juta, gaji salesman adalah 800 ribu. Sementara peletakkan nama – nama orang – orang tersebut tidak urut. 

Jika anda mempunyai masalah seperti itu anda tak perlu bingung harus bagaimana. Anda tak perlu menuliskan berapa gaji mereka secara manual di belakang nama mereka. Karena cara seperti itu selain kurang efektif juga riskan untuk terjadi kesalahan. Untuk kasus seperti diatas, didalam excel sendiri sudah dibekali rumusnya, yaitu dengan menggunakan rumus IF ganda. Lantas bagaimana caranya, langsung saja simak tutorial.

Cara menggunakan rumus IF ganda.

  1. Terlebih dahulu buatlah dokumen yang akan digunakan sebagai pengggunaan rumus IF ganda di Microsoft Office Exel. Sebagai contoh anda bisa meniru dokumen di bawah ini. 
    Daftar Karyawan dengan kodenya
    Daftar Karyawan dengan kodenya
  2. Jika data diatas sudah jadi, silahkan masukkan rumus IF berikut pada sell D5. Rumus: =IF(D5=”A”;1000000,IF(D5=”P”;1200000;900000)) 
    Menggunakan rumus IF ganda  Excel
    Menggunakan rumus IF ganda untuk memanggil kode
  3. Tekan enter, maka anda akan mendapatkan hasil seperti berikut ini. 
    Hasil rumus IF ganda
    Hasil rumus IF ganda
  4. Jika sudah, tekan sell D5 dan tarik tanda plusnya kebawah sampai dengan sell D14. Cara ini adalah untuk menyalin rumus dengan mengubah alamat sell secara otomatis. Maka secara otomatis jika anda melepaskan dragnya akan seperti ini. 
    Salin rumus otomatis dengan fill drop ke bawah
    Salin rumus otomatis dengan fill drop ke bawah
  5. Anda tinggal menambahkan format Rupaih didepan angka, caranya blog sell D5 : D14, lalu pada Tab “Home” kelompok “Number”, ubah “General” mmenjadi “Currency”
Catatan :
  1. Bentuk dasar rums IF ganda adalah =IF(sell=”syarat 1”;”hasil 1”;IF(sell=”syarat 2”;”hasil 2”;”hasil 3”))
  2. Jika rumus IF ganda untuk mencari angka sperti pada contoh diatas diatas, jangan gunakan tanda kutip didepan dan diakhir syarat.
  3. Gunakan tanda kutip didepan dan diakhir syarat jika syarat tersebut berupa teks. Contoh =IF(A1=”A”Sangat Baik”;IF(A1=”B”;”Baik”;”Cukup”))
Itulah sedikit tutorial tentang penggunaan IF ganda dan bagaimana aturannya, silahkan jika anda masih kurang paham, masukkan saja pertanyaan anda di kolom komentar dibawah ini. Sekian dari saya, semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar