Home » , » Mengatur Arah Vertikal Horisontal Teks pada Microsoft Excel

Mengatur Arah Vertikal Horisontal Teks pada Microsoft Excel

Mungkin anda masih sedikit bingung yang dimaksud dengan yang saya tulis pada judul. Arah vertikal horisontal teks ini dalam Ms Office disebut Text Aligment. Ms. Excel pun memiliki satu fungsi text alignment untuk mengatur dan memformat posisi, bentuk, serta kedudukan teks. Jadi aligment ini sangat berguna bagi siapa saja yang ingin mengatur posisi arah tulisan dalam sel/tabel, apakah itu posisi horisontal (posisi mendatar) ataupun posisi vertikal (posisi berdiri tegak). Posisi teks tidak hanya bisa diatur untuk menjadi posisi horisontal maupun vertikal saja, tapi juga bisa diatur sesuai sudut yang dikehendaki.

Berikut ini akan kita ulas mengenai bagaimana cara mengatur aligment pada teks di microsoft excel:
  1. Buatlah lebih dahulu tabel yang akan di atur posisi kata-katanya. Misalnya seperti tabel di bawah ini:
    Lembar latihan di Excel
    Lembar latihan di Excel
  2. Kemudian semua judul kolom diblok lalu klik kanan, lalu pilih Format Cells, seperti gambar di bawah ini:
    Format Cells judul tabel
    Blok judul tabel, klik kanan Format Cells
  3. Setelah itu akan keluar kotak dialog Format Cells. Disana terdapat banyak menu tab seperti number, aligment, font, border, fill, protection. Pilih tab Aligmnent, pada bagian ini jika anda ingin mengatur posisi teks secara horisontal mauppun vertikal, caranya dengan mengubah pengaturan sesuai yang tersedia pada pilihan yang telah disediakan seperti letak center, button, dsb. Pilihan ini bisa anda temukan dengan cara klik panah ke bawah di samping bagian horizontal maupun vertikal. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat tampilan di bawah ini:

    Text Alignment pada Excel
    Pilih Alignment pada window Format Cells
  4. Lalu untuk mengatur kemiringan teks pada sel, anda bisa mengaturnya ada bagian Orientation. Pada bagian Degrees, isikan besarnya kemiringan, misalnya sebesar 45 derajat. Lihat gambar di bawah ini:

    Memosisikan arah teks dengan sudut
    Memosisikan arah teks dengan sudut tertentu
  5. Jika sudah klik Ok. Maka tampilan tabel akan berubah seperti tampilan di bawah ini:

    Hasil posisi Text Alignment
    Hasil posisi Text Alignment
Bagaimana? Mudah bukan? Cara mengatur aligment teks pada program microsoft excel memang tidak begitu rumit, anda cukup bermodal punya kemauan untuk mencoba dan juga telaten. Jadi apa salahnya jika anda segera mencoba? Demikianlah ulasan mengenai cara mengatur aligment pada dokumen microsoft excel, semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar