Home » , , » Cara Membuat Grafik Dengan Excel

Cara Membuat Grafik Dengan Excel

Cara Membuat Grafik Dengan Excel – Excel adalah sebuah aplikasi yang diciptakan untuk digunakan dalam pengelolaan data angka. Sementara dalam sebuah pekerjaan sendiri, data angka sangat erat kaitannya dengan sebuah grafik. Maka dari itu, tutorialexcelonline pada kesempatan kali ini akan membagikan sebuah tutorial cara membuat grafik otomatis dengan excel. 
Saya yakin anda pasti sudah paham dengan apa yang dinamakan grafik. Tempat yang biasanya terdapat grafik ini adalah disebuah perpustakaan, penjualan dan lain sebagainya. Pasti saat pertama berpikir, anda akan bertanya – Tanya bagaimana cara membuat grafik tersebut. Apakah dengan menggunakan sebuah software desain grafis? Tentu tidak, karena selain memakan waktu, menggunakan desain grafis juga hasilnya kurang tepat. Nah, sebenarnya untuk membuat grafik tersebut adalah cukup dengan menggunakan excel. Bagaimana bisa excel untuk membuat grafik? Berikut tutorialnya untuk anda.

Cara membuat grafik otomatis dengan excel secara cepat

Sebagai contoh, buatlah sebuah data seperti pada gambar berikut ini pada lembar kerja excel anda.
membuat grafik dengan excel-1

Jika sudah, untuk mengisi kolom jumlah masukkan saja rumus =SUM(C6:H6) dan auto fill ke bawah sampai pada cell I8. Maka akan tampak seperti pada gambar berikut ini.
membuat grafik dengan excel-2

Jika sudah, blok dari cell B2 sampai pada cell I8, dan jika sudah masuk ke tab “Insert” pada group “Charts” pilih grafik mana yang akan anda pakai, sebagai contoh saya menggunakan grafik batang (Column) seperti pada gambar berikut ini.
membuat grafik dengan excel-3
Pilihan grafik

Maka akan terlihat grafik seperti pada gambar berikut ini.
membuat grafik dengan excel-4
Grafik pada Excel

Sekilas memang kurang lengkap grafiknya, namun coba anda arahkan kursor anda pada salah satu grafik di atas. Maka akan keluar sebuah kotak keterangan kecil yang menjelaskan lebih rinci lagi. Saya rasa juga sudah cukup jelas grafik seperti itu untuk anda print.

Nah, itulah tutorial cara membuat grafik pada excel secara mudah. Semoga dengan tutorial ini, waktu pekerjaan anda semakin cepat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar