Home » , » Cara Membulatkan Angka Desimal pada Microsoft Excel

Cara Membulatkan Angka Desimal pada Microsoft Excel

Ketika kita sedang menjalankan program microsoft excel, seringkali kita menemui data angka yang berbentuk desimal. Jika angka dibelakang koma bulat, hal ini bukanlah menjadi masalah. Namun, jika angka dibelakang koma terlalu panjang, hal yang perlu dilakukan adalah pembulatan angka tersebut agar menjadi susunan angka yang lebih sederhana namun tetap pada nilai yang benar. Anda tak perlu bingung menghitung pembulatan angka satu persatu karena microsoft excel memiliki fasilitas untuk melakukan pembulatan angka-angka desimal.

Microsoft excel memiliki 3 formula yang dapat kita gunakan untuk melakukan pembulatan angka desimal. 3 formula tersebut adalah Round, Roundup, dan Rounddown.

ROUND

Round adalah fungsi yang berguna untuk pembulatan angka yang bergantung pada angka itu sendiri. angka 0 hingga 0,49 akan dibulatkan menjadi 0, dan angka 0,5 hingga 0,9 akan dibukatkan menjadi angka 1. Agar lebih jelas, berikut akan saya tampilkan contohnya.

Perhatikan lembar kerja berikut ini!

Daftar nilai siswa sebelum dibulatkan pada Excel
Daftar nilai siswa sebelum dibulatkan pada Excel

Disini, kita akan membulatkan angka dengan menggunakan fungsi Round. Caranya adalah dengan mengetikkan rumus Round pada sel di kolom pembulatan. Pada tabel lembar kerja diatas, sel yang digunakan adalah sel D3. Jadi, ketikkan rumus berikut pada sel D3.

=ROUND(8,17;0)

Rumus ROUND untuk membulatkan
Rumus ROUND untuk membulatkan

Setelah itu, tekan enter dan hasilnya akan seperti ini.

Hasil pembulatan Excel
Hasil pembulatan Excel

Angka 8,17 merupakan angka yang hendak dibulatkan dan angka 0 merupakan jumlah angka dibelakang koma yang anda inginkan. Jadi, disini kita menginginkan tidak ada angka dibelakang koma. Karena itulah hasil pembulatan yang dihasilkan tidak disertai dengan desimal.

ROUNDUP

Roundup adalah fungsi yang berguna untuk pembulatan angka yang mengikuti angka diatasnya dengan jumlah angka dibelakang koma sesuai dengan kebutuhan anda. Agar lebih jelas, mari kita simak contoh berikut ini.

Perhatikan lembar kerja berikut ini!

Nilai pecahan dalam Excel
Nilai pecahan dalam Excel
Disini, kita akan membulatkan angka dengan fungsi Roundup. Caranya adalah dengan mengetikkan rumus Roundup pada sel dikolom pembulatan. Pada lembar kerja diatas, sel yang digunakan adalah sel D3. Jadi, ketikkan rumus berikut pada sel D3.

=ROUNDUP(8,17;0)

Rumus pembulatan ke atas Excel
Rumus pembulatan ke atas Excel

Setelah itu, tekan enter dan hasilnya akan seperti ini

Hasil pembulatan ke atas Excel
Hasil pembulatan ke atas Excel

ROUNDDOWN

Rounddown adalah fungsi yang berguna untuk pembulatan angka yang mengikuti angka dibawahnya dengan jumlah angka dibelakang koma yang sesuai dengan kebutuhan anda. Agar lebih jelas, mari kita simak contoh berikut ini.

Perhatikan lembar kerja berikut ini!

Nilai Pecahan yang akan dibulatkan
Nilai Pecahan yang akan dibulatkan

Disini, kita akan membulatkan angka dengan fungsi rounddown. Caranya adalah dengan mengetikkan rumus Rounddown pada sel kolom pembulatan. Pada lembar kerja diatas, sel yang digunakan adalah sel D3. Jadi, ketikkan rumus berikut pada sel D3

=ROUNDDOWN(8,17;0)

Rumus pembulatan ke bawah Excel
Rumus pembulatan ke bawah Excel

    Kemudian tekan enter dan hasilnya akan seperti ini.

Hasil pembulatan ke bawah pada Excel
Hasil pembulatan ke bawah pada Excel

Agar lebih jelas, saya akan menampilkan perbandingan antara ke-3 formula diatas.

nilai pecahan yang dibulatkan pada Excel
Perbandingan nilai pecahan yang dibulatkan pada Excel

Demikian tuorial mengenai penggunaan fungsi Round, Roundup dan Rounddown. Semoga dapat memberi manfaat. Selamat mencoba!

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar