Home » , , » Membuat Rapor Siswa Digital dengan Menggunakan Excel

Membuat Rapor Siswa Digital dengan Menggunakan Excel

Rapor atau laporan hasil belajar siswa merupakan sebuah buku laporan dari guru yang biasanya diberikan terhadap orang tua selaku wali murid siswa berdasarkan kinerja (kompetensi) yang siswa. Biasanya dalam setahun diberikan dua rapor yaitu setiap akhir semester. Namun terkadang juga rapor siswa diberikan setelah ujian tengah semester (UTS atau MID) yang lebih dikenal dengan rapor bayangan.

Dalam sebuah rapor siswa, biasanya kita melihat nilai yang ditulis dengan angka dan ditulis dengan huruf. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana cara membuat rapor siswa digital dengan menggunakan excel.

  1. Pertama, buatlah struktur pada rapor seperti berikut ini (hanya contoh) dan sudah diisi dengan nilai siswa.
  2. Selanjutnya, download rumus terbilang disini
  3. Untuk Microsoft excel 2007 lalu pilih Office Button sedangkan untuk Microsoft Office 2010 dan 2013 pilih File.
  4. Lalu pilih Options >> Adds-In >> pada kolom Manage pilih Excel Adds-In dan pilih Go >> maka akan terbuka jendela dialog baru, pilih Browse dan cari dimana anda menyimpan file rumus terbilang tadi, jika sudah ketemu klik OK >> beri tanda checklist pada Terbilang lalu klik OK
  5. Sekarang masukkan rumus =terbilang(C3) pada cell D3 maka akan keluar data “Sembilan puluh tujuh” tinggal anda auto fill ke bawah maka hasilnya akan seperti beikut ini
  6. Sekarang rapor sudah siap di print

Itulah cara membuat rapor siswa digital dengan menggunakan rumus terbilang pada excel. Semoga tutorial diatas bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih.


Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar