Home » , , » Cara Membuat Garis Pemisah Otomatis di Excel

Cara Membuat Garis Pemisah Otomatis di Excel

Menampilkan Garis Pemisah Secara Otomatis - Jika anda adalah seorang yang mempunyai daftar transaksi yang cukup panjang dalam format Excel, saya rasa ini cukup berguna juga untuk anda. Semisal anda mempunyai data tanggal, jumlah pembelian, harga, dan brand dari suatu produk. Memang anda dapat juga menuliskan saja seenaknya, namun tentu itu kurang enak dibaca dan memusingkan anda jika anda hendak mencari suatu data. Maka dari itu di sini saya akan mejelaskan sedikit cara membuat garis pemisah otomatis untuk mempermudah pelacakan.
Di dalam garis pemisah otomatis ini, walaupun anda menambahkan data baru, namun dengan kategori yang sama maka garis akan menyesuaikan sendiri, tanpa harus susah payah kita mengaturnya. Nah bagaimana cara membuat garis pemisah secara otomatis ini, berikut adalah tutorialnya.

Cara Membuat Garis Pemisah secara Otomatis dalam Excel

Sebagai contoh saya buat data seperti pada gambar berikut ini.
Contoh data penjualan barang pada Excel
Contoh data penjualan barang pada Excel

Lalu kita blok dari cell B3 sampai F23.

Pilih tab Home > Conditional Formating ( terdapat pada grus Styles ) > New Rule. Maka akan muncul sebuah kotak dialog baru. Pilih Use a formula to determine which cells to format dan masukkan rumus berikut ini pada kotak Format values where this formula is true

=$E3<>$E4

Di situ saya menggunakan cells E3 dan E4 karena memang berdasarkan data yang akan saya beri garis otomatis adalah data yang berdasar kategori. Data itu dapat anda ubah sesuai dengan cells yang akan anda jadikan acuan sebagai garis otomatis nantinya, misal saja anda ganti menjadi =$F6<>$F7

Lanjut, pada bagian format, anda pilih border sesuai dengan selera anda, saya pribadi lebih suka menggunakan border merah hanya pada bagian bawah saja, jika sudah klik Ok.

Pilih border pada Format Cells
Pilih border pada Format Cells
Maka anda akan melihat hasilnya seperti pada gambar berikut ini.
Hasil rumus untuk membuat garis pemisah otomatis
Hasil rumus untuk membuat garis pemisah otomatis
Nah, itulah cara membuat garis pemisah secara otomatis di excel yang dapat anda coba. Jangan lupa untuk selalu menyimak update terbaru dari blog kesayangan anda ini.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar