Home » , , » Menggunakan Huruf Depan atau Belakang Nama untuk Kode dengan Excel

Menggunakan Huruf Depan atau Belakang Nama untuk Kode dengan Excel

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit fungsi yang terdapat pada Microsoft Microsoft Excel 2007. Fungsi yang akan kita bahas kali ini adalah fungsi string. Fungsi string ini digunakan untuk mengambil, mengubah, atau menempatkan isi sell. Biasanya fungus string ini erta sekali kaitannya dengan data teks pada excel. Sekilas memang fungsi string ini tidak penting, namun ternyata ini juga cukup berguna. Apalagi jika ada suatu kode, dan fungsi srting ini di kombinasikan dengan fungsi If maka akan semakin berguna, misalnya saja untuk membuat kode singkat x huruf depan atau x jumlah huruf belakang sebuah kata atau nama. Berikut beberapa jenis dari fungsi string.

Fungsi String Left untuk Mengambil Karakter di Depan Kata

Fungsi Left
Fungsi left ini digunakan untuk mengambil karakter dari suatu sell untuk ditempatkan di sell lain. Secara syntax fungsi left adalah

=LEFT(alamat cell sumber ; Jumlah Karakter yang akan diambil)

Sebagai contoh anda menuliskan HARYANTO pada cell A1. Lalu anda menuliskan LEFT(A1;4) pada cell C1, maka akan muncul HARY.

Fungsi String Right untuk Mengambil Karakter di Belakang Kata

Fungsi Right
Sama seperti fungsi left, bedanya fungsi ini hanya untuk mengambil data dari kanan sebuah data. Syntax dari fungsi right adalah  
=RIGHT(alamat cell sumber ; jumlah karakter yang akan diambil)

Contohnya adalah HARYANTO pada cell pada A1. Lalu anda tuliskan =RIGHT(A1;4) pada cell C1 maka hasilnya adalah ANTO.

Fungsi String Mid untuk Mengambil Karakter di Tengah-tengah Kata

Fungsi Mid
Fungsi mid berguan untuk mengambil data dari suatu cell sumber dari tengah.  
=MID(alamat cell sumber ; karakter awal yang akan diambil ; jumlah karakter yang akan diambil) adalah syntax dari fungsi mid ini.

Tuliskan HARYANTO pada cell A1, dan masukkan fungsi =MID(A1;2;4)  pada cell yang lain, maka akan muncul ARYA. Fungsi yang anda masukkan tadi menjelaskan ambil karakter pada cell A1 dimulai dari karakter kedua, dalam hal ini berarti A, sebanyak 4 karakter.

Sementara cukup sekian, nanti kita lanjutkan ke posting Membuat Kode dengan Mengambil Huruf atau Angka dalam Teks dengan Excel

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar