Home » , , , » Membuat Kode dengan Mengambil Beberapa Huruf atau Angka dalam Teks

Membuat Kode dengan Mengambil Beberapa Huruf atau Angka dalam Teks

Melanjutkan posting fungsi string sebelumnya yaitu Mengambil Karakter dalam Suatu Kata untuk Kode, kini kita lanjutkan fungsi string berikutnya, yaitu Membuat Kode dengan Mengambil Huruf atau Angka dalam satu Kata atau Teks dengan Excel.

Fungsi Value
Fungsi ini digunakan untuk mengambil suatu angka dari data teks dan mengubahnya menjadi data angka. Secara syntax fungsi value ini adalah =VALUE(TEKS) maksud dari teks ini bisa anda ganti dengan fungsi yang sudah saya bahas diatas. Misal kita ganti dengan fungsi MID, maka syntaxnya akan seperti berikut ini: 


=VALUE(MID(alamat cell sumber ; karakter awal yang akan diambil ; jumlah karakter yang akan diambil))

Contohnya adalah anda ketik MH30RATEMU pada cell A1 dan anda masukkan rumus =VALUE(MID(A1;3;2)) pada cell C1 maka akan muncul 30. Perhatikan jika 30 rata kanan pada cell C1, berarti itu menjadi data angka.


Fungsi Text
Fungsi text ini digunakan untuk mengubah suatu data angka menjadi data teks. Syntaxnya adalah:

=TEXT(alamat cell sumber ; format teks) 

Untuk membuat angkanya masih utuh, masukkan format teks dengan angka nol ( 0 ). Sebagai contoh anda tuliskan 1247 pada cell A1, lalu masukkan rumus =TEXT(A1;0) maka akan muncul 1247. Lihat jika data 1247 tadi sudah rata kiri, maka itu sudah menjadi data teks.

Fungsi Upper
Jika anda menuliskan data teks pada suatu cell dengan karakter huruf kecil, maka anda bisa memasukkan fungsi upper ini untuk mengubahnya menjadi huruf capital. Syntaxnya adalah =UPPER(alamat cell). Contoh, anda menuliskan haryanto pada cell A1, anda masukkan fungsi =UPPER(A1) pada cell C1, maka muncul HARYANTO.

Funsi Proper
Fungsi ini berguna untuk mengubah teks awal suatu kata pada cell menjadi huruf capital. Syntax =PROPER(alamat cell). Contoh =PROPER(A1) , sebelumnya anda masukkan kata haryanto pada cell A1, maka hasilnya adalah Haryanto.

Fungsi Lower
Keguanan dari fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi UPPER. Syntax adalah =LOWER(alamat cell). Misal anda masukkan kata HARYANTO pada cell A1, dan masukkan fungsi =LOWER(A1) ada cell yang lainnya, maka akan muncul haryanto.

Fungsi Concatenate
Fungsi yang satu ini berguna untuk menggabunngkan beberapa teks pada alamat sell yang berbeda, syntaxnya adalah =CONCATENATE(alamat1 ; alamat2 ; alamat 3 ; …) contoh anda ketikkan kata berikut HARYANTO pada A1, TAMPAN pada B1 dan SEKALI pada C1, lalu masukkan =CONCATENATE(A1;B1;C1) maka hasilnya adalah HARYANTOTAMPANSEKALI.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar