Home » , » Macam – Macam Rumus Fungsi di Excel

Macam – Macam Rumus Fungsi di Excel

Macam – macam rumus fungsi di Microsoft Office Excel – Microsoft Office Excel adalah sebuah software dari microsoft yang ditunjukkan untuk mengolah tentang data angka. Sementara data angka sendiri erat hubungannya dengan perhitungan. Maka dari itu kita harus mengusai rumus – rumus dalam Excel guna kelancaran kerja kita.namun, dalam prakteknya, excel tidak saja memberikan rumus untuk aritmatika namun juga untuk logika dan yang lainnya. Apa saja rumus dalam excel, simak yang berikut ini

Fungsi math and trig

Ini merupakan fungsi utama dalam excel, karena sebenarnya excel adalah kalkulator. Fungsi ini sangat berguna untuk mengolah data matematika dan trigonometri. Yang termasuk dalam fungsi ini antara lain : fungsi ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN, INT, SQRT, MOD, ROMAN, SUM, SIN, COS, TAN,

Fungsi Logical

Fungsi logika dalam excel berguna untuk membandingkan dua kondisi atau lebih. Yang termasuk dalam fungsi logika antara lain : fungsi AND, OR, NOT, IF.

FungsI Date anda Time

Fungsi date & time dalam excel bergunna untuk menghitung serta mengkonversi tanggal dan waktu. Beberapa jenis fungsi dari fungsi date & time ini antara lain : fungsi DAYS360, NOW, TODAY, YEAR, MONTH

Fungsi Lookup and reference

Fungsi ini digunakan untuk mengolah suatu data berdasarkan pada table dan data refernasi. Yang termasuk dalam fungsi ini antara lain : 
  • Fungsi VLOOKUP : fungsi yang digunakan untuk mengambil suatu data secara vertical. 
  • Fungsi HLOOKUP : fungsi yang digunakan untuk mengambil suatu data secara horizontal.

Fungsi Text

Fungi text ini berguna untuk memanipulasi data text dalam sautu lembar kerja excel. Yang termasuk dalam fungsi text ini antara lain adalah ; 
  • Fungsi LEFT : fungsi untuk mengambil huruf dari suatu sell dimulai dari huruf yang paling kiri. 
  • Fungsi RIGHT : fungsi untuk mengambil huruf dari suatu sell dimulai dari huruf yang paling kanan. 
  • Fungsi MID : fungsi untuk mengambil huruf dari suatu sell dimulai dari huruf yang paling dari huruf keberapa dari kiri. 
  • Fungsi LEN : fungsi yang digunakan untuk menghitung berapa banyak karakter yang terdapat dalam sebuah teks. 
  • Fungsi UPPER : fungsi yang digunakan untuk mengubah semua huruf yang berada didalam sautu sell untuk menjadi huruf besar semua. 
  • Fungsi LOWER : fungsi yang digunakan untuk mengubah semua huruf yang berada didalam sautu sell untuk menjadi huruf kecil semua. 
  • Fungsi PROPER : fungsi yang digunakan untuk mengubah semua huruf yang berada didalam sautu sell untuk menjadi huruf besar diawala kata.

Fungsi Statiscal

fungsi ini berguna untuk mengolah data statistic dalam sebuah lembar kerja dokumen excel. Yang termasuk dalam fungsi statistic antara lain : 
  • Fungsi AVERAGE : fungsi yang berguna untuk mencari rata – rata. 
  • Fungsi COUNT : fungsi yang berguna untuk mencari jumlah sell yang mengandung bilangan. 
  • Fungsi CUONTIF : fungsi yang berguan untuk mencari banyak sell yang mengandung bilangan berdasarkan criteria tertentu. 
  • Fungsi MAX : fungsi yang berguna untuk mencari data terttinggi dalam suatu range. 
  • Fungsi MIN : fungsi yang bergunna untuk mencari data terkecil dalam sautu range.

Fungsi Financial

Fungsi ini digunakan untuk mengolah data dalam excel yang berhubungan dengan uang.

Fungsi Database

Sesuai dengan namanya fungsi ini digunakan untuk mengolah database dalam suatu dokumn kerja excel.

Fungsi Information

Fungsi ini digunakan unntuk mencari dan mendapatkan informasi dalam sautu sell atau range.

Fungsi Engineering

Fungsi untuk pengolahan data teknik.

Nah, itulah beberapa fungsi dan jenis jenisnya yang dapat saya begiakan. Sebenarnya masih sangat banyak sekali jenis – jenis dari setiapp kelompok fungsi di atas. Sekian dulu, lain kali kita bahas masing-masing rumus disertai penerapannya dalam pekerjaan kita sehari-hari.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar